Blogger Abal. Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 08 Agustus 2014

Konstruksi Atap Gedung Graha Cakrawala, Stadion Cakrawala, dan Lapangan Tenes (Universitas Negeri Malang)


Atap merupakan komponen yang terpenting dalam suatu bangunan. Atap memiliki fungsi untuk melindungi apa yang ada dibawahnya dari panas maupun hujan. Karena memiliki fungsi yang berat, maka perlu adanya konstruksi yang kuat untuk menahan beban-beban yang diatasnya. Bentuk Atap juga  mempengaruhi estetika bangunan, model atap di Indonesia sangat beervariasi. Mulai dari bentuk pelana, limas, dome  dan lain sebagainya.

Sebagai mahasiswa teknik sipil harus paham serta mengerti dengan konstruksi, baik metode dan teknologinya. Atas dasar ini, maka dalam mata kuliah Teknologi Konstruksi 2 yang di bimbing Bapak Mujiono, mengadakan kunjungan ke gedung Graha Cakrawala, Stadion Cakrawala, dan Lapangan Tenes  guna memperlihatkan tentang konstruksi konstruksi bangunan tersebut.

a.    Kontruksi atap pada bangunan Graha cakrawala, akan di jelaskan sebagai berikut :

Gedung Graha Cakrawala (UM)


Plafond Bagian Dalam Gedung dari Gypsum
1.   Atap plafond tebuat dari gypsum dengan desain berlubang untuk meredam suara dan disalurkan keatap.

2. Lampu atap terdapat 320 titik  dengan desain lampu ditaruh didalam plafond. 




3. Rangka atap (space frame) pada konnstruksi atap bangunan ini menggunakan pipa baja. Gording adalah baja C. Untuk peredam panas pada lapisan atas plafond diberi almunium foil.
Bagian Dalam Atap Graha Cakrawala

4. Sambungan antar batang pada rangka atap ini menggunakan ball joint.






5. Plafond di luar (atap) menggunakan fiber glass. Dan listplank menggunakan asbes.

Plafond Bagian Luar Gedung dari Fiber Glass







6.   Atap graha crakawala berbentuk perisai, dan penutup atap menggunakan genteng metal yang di cat dengan warna coklat.

Atap Gedung Berbentuk Perisai








7.   Atap beton K300/K400, water proofing (kedap air) ditutup menggunakan plesteran lunak (PC tidak banyak agar tidak rusak)
Atap Beton di bagian luar gedung








b.    Kontruksi atap pada bangunan Stadion Cakrawala, akan di jelaskan sebagai berikut :

Stadion Cakrawala (UM)


      Konstruksi atap stadion cakrawala sama seperti konstruksi atap graha cakrawala yaitu menggunakan space fame dan rangka atap terbuat dari pipa baja untuk titik simpul menggunakan pelat simpul. Penutup atap menggunakan genteng metal deck, tetapi pada atap stadion hanya menggunakan satu tumpuan 

c.    Kontruksi atap pada bangunan Lapangan Tenes , akan di jelaskan sebagai berikut :

Atap Lapangan Tenes (UM)


     Konstruksi atap pada lapangan tenis umumnya adalah seperti dengan konstruksi pada konstruksi atap gedung Graha Cakrawala. Rangka atap terbuat dari pipa baja. Dan titik simpul menggunakan pelat simpul.Penutup atap menggunakan genteng metal deck. 




      Artikel di atas adalah sekilas tentang deskripsi Konstruksi Atap Gedung Graha Cakrawala, Stadion Cakrawala, dan Lapangan Tenes (Universitas Negeri Malang). Semoga bermanfaat bagi para pembaca :)
jangan lupa setelah membaca comment dan share ya..terimakasih telah berkunjung :)

Lainnya di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar